Billboard |
Pemasangan papan reklame (billboard) di pinggir jalan bahkan di atas median jalan dapat dipandang cukup efektif dalam strategi marketing. Sebagaimana fungsi periklanan adalah memberikan informasi, membujuk atau mempengaruhi, menciptakan kesan, memuaskan keinginan dan sebagai alat komunikasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pemilihan lokasi menjadi sangat strategis di mana akses publik lebih luas dengan intensitas yang lebih tinggi. Jalan raya adalah area yang hampir tidak pernah sepi dari lintasan manusia, sehingga wajar jika di sekitarnya dijadikan lokasi pemasangan iklan atau pengumuman yang diharapkan dapat dilihat banyak orang.
Sebagai masyarakat yang membutuhkan informasi, kita tentu cukup terbantu dengan keberadaan baliho-baliho dan spanduk-spanduk pengumuman ataupun papan-papan reklame yang terpasang di pinggir jalan. Dan bagi pemasang iklan tentunya lebih terbantu menjangkau target pasarnya dengan harapan meningkatkan penjualan produknya.
Tetapi ada hal lain yang kurang diperhitungkan atau mungkin diabaikan yaitu masalah keamanan dan keselamatan berlalu lintas. Sebagian besar pengguna jalan raya adalah pengendara kendaraan bermotor. Dalam kondisi berkendara, konsentrasi dapat terbagi ketika pandangan terpancing dengan keberadaan properti di pinggir jalan yang memang sengaja dipasang untuk menjadi pusat perhatian. Ketika pandangan tertuju pada salah satu papan reklame di pinggir jalan apalagi berusaha membaca tulisannya, maka otomatis fokus pandangan akan beralih dari jalan yang hendak dilewati. Tidak sulit dibayangkan dalam kondisi ini, sangat mungkin mengganggu keamanan atau setidaknya kenyamanan berlalu lintas.
Menyadari hal-hal seperti ini, patut dipikirkan kembali tentang regulasi pemasangan iklan di pinggir jalan. Dari segi keuntungan baik pemasang iklan maupun pemerintah sama-sama mendapatkannya. Pemerintah mendapatkan keuntungan dari pendapatan pajak reklame. Tetapi pemerintah sebagai pengayom masyarakat harus pula memperhitungkan keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Dari segi prosentase potensi kecelakaan akibat papan reklame ini mungkin tidak besar, tetapi bukankah lebih baik jika kemungkinan itu dihindari sama sekali? Alternatif-alternatif lain harus dapat difikirkan, karena kita tentunya tidak ingin menggadaikan nyawa betapapun kecil resikonya dengan keuntungan finansial yang lebih banyak jalan untuk mendapatkannya.
0 komentar:
Posting Komentar